Bisnis Internet



Belajar Web Bisnis

Bisnis internet dulunya saya anggap bisnis yang sangat canggih, sangat wah dan hanya untuk mereka yang pintar dan jago teknologi, untuk mereka yang pintar komputer saja, bahkan hanya ada di luar negeri. Apalagi setelah berjalan-jalan di banyak blog maka terkesan bisnis internet itu adalah seputar Google Adsense, Jual Text Link, Jual beli ebooks, bisnis script website dan sebagainya yang jauh dari jangkauan kita-kita yang gaptek. Sempat juga berpikir kalau bisnis internet itu sepertinya sangat mudah dan cepat dapat banyak uang, klik sana dapat uang klik sini dapat uang. Atau bisnis internet itu adalah investasi, transfer sana transfer sini. Terlintas juga di otak saya bahwa bisnis internet hanyalah untuk mencari penghasilan tambahan sedikit-sedikit sebagai kerja sambilan. Yes, itu ada benarnya dan memang bisnis internet seperti itu yang banyak terjadi saat ini.

Sekarang kita coba memandang bisnis internet dari sisi yang berbeda. Agar internet terasa alami, agar bisnis internet bisa menjadi milik kita semua. Agar internet dapat kita jadikan ladang untuk penghasilan tambahan atau bahkan sebagai ladang penghasilan utama.

Ternyata, Internet itu hanyalah media untuk berkomunikasi, alat untuk mengkomunikasikan apa saja, mulai dari hobby sampai investasi jutaan dollar. Sebagai media komunikasi, internet sama perannya seperti majalah, seperti brosur, seperti telepon, seperti sms, atau seperti kita ngomong-ngomong biasa, hanya saja bedanya lewat internet dan kita baca di layar komputer. Kalau di darat kita bisa bisnis sambilan untuk mencari penghasilan tambahan atau memiliki bisnis besar sebagai sumber penghasilan utama, maka di internet pun bisa demikian.

Dengan demikian, apapun bisnis bisa saja di internetkan, dikomunikasikan lewat internet. Bisnis duren pun bisa saja kita ceritakan di website, di internet. Cara gampang menginternetkan bisnis duren adalah membuat gambarnya, pajang atau masukkan di website, sebutkan harganya, informasikan bagaimana cara membayar dan kirimkan durennya ke alamat orang yang beli. Internet sekarang jadi lebih sederhana bukan? Bisnis internet adalah untuk kita semua yang dapat mengakses internet.

Bisnis internet atau bisnis non internet sama saja. Di dalamnya terjadi transaksi yang mungkin pada akhirnya dibayar cash, transfer, tukar tambah, barter dan sebagainya. Bisnis di internet adalah tentang jual beli, mungkin itu produk fisik, mungkin dalam bentuk jasa. Bisnis internet bisa berhasil, bisa juga gagal. Bisnis internet memerlukan kerja, usaha, kesabaran, ketekunan, ketrampilan, inovasi dan sebagainya sebagaimana bisnis di darat. Di internet barang bisa laris, bisa tidak laku, bisa juga penawaran ditolak orang, bisa juga kena tipu, seperti halnya bisnis di darat. Bisnis internet bisa menjadi sumber penghasilan tambahan, salah salah bisa juga menjadi lubang pengeluaran tambahan.

Bisnis internet ada yang besar, ada yang sedang, ada yang kecil, ada yang mudah dan ada yang sulit. Barang siapa yang menganggap bisnis internet sangat mudah sedangkan di bisnis darat dia belum becus maka dijamin di bisnis inernet pun dia tak akan mudah sukses. Bisnis internet sama dengan bisnis di darat, bedanya untuk beberapa hal bisnis internet “lebih murah” ongkos memulainya.

Itulah pengertian bisnis internet menurut pendapat saya pribadi. Anda tentu punya pendapat pribadi juga. Bagaimana pengertian dan pendapat Anda sekarang tentang bisnis internet ?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s