Viral Marketing VS MLM ?


Banyak orang yang menganggap bahwa Viral Marketing adalah MLM. Tidak..!! Viral Marketing bukan MLM, malahan sangat bertolak belakang. Dalam MLM seorang member harus membeli starter kit, wajib mengikuti seminar atau acara-acara yang dilangsungkan oleh perusahaan, dan harus menjual. Tidak demikian di program Viral Marketing. Dalam Viral Marketing, kita berbicara mengenai cara belanja. Ya, cara berbelanja seperti halnya perusahaan memberikan bonus atau reward kepada konsumennya. Bukan cara cepat menjadi kaya seperti yang di gembar gemborkan oleh MLM yang manipulatif, meski peluang ini juga terbuka lebar di program Viral Marketing.

Viral Marketing juga sering dikenal dengan istilah V-marketing, Sharing Marketing, Tell Your Friends Reward Program ( TYF Reward Program ) dan sebagainya, tapi yang paling dikenal adalah Viral Marketing. Sharing marketing juga sering dikutip untuk menjelaskan program ini. Alasannya karena perusahaan membagikan sebagian keuntungan mereka kepada konsumen ( anggota / member ).

Sebenarnya kehadiran Viral Marketing ini berawal dari kejadian hidup sehari-hari yang sering kita lakukan. Kita selalu menceritakan apa yang kita alami baik hal negatif atau positif. Ketika kita habis menonton film yang bagus, kita pasti akan bercerita kepada teman teman kita tentang kedahsyatan film tersebut.

Mungkin anda masih ingat bagaimana film “Ayat Ayat Cinta” begitu menggemparkan dunia perfilman nasional kita. Sehabis menonton film tersebut, banyak orang yang akan menceritakan kedahsyatan film itu ke teman-teman mereka, sehingga semakin banyak orang yang begitu penasaran ingin menyaksikannya. Bahkan Presiden dan Wapres juga sempat menyediakan waktu luangnya hanya sekedar untuk menyaksikan kedahsyatan film tersebut.

Sehabis makan bakso yang enak, kita cerita juga kepada teman-teman. Sehabis berbelanja di sebuah toko yang memberikan diskon, kita pun bercerita kepada teman-teman. Alasannya, agar teman-teman kita juga merasakan apa yang kita nikmati. Lalu apa yang akan diberikan perusahaan kepada kita? Tentu tidak ada bukan? Bahkan ucapan terimakasih saja tidak.

Nah disinilah program Viral Marketing akan menyiasatinya. Selalu ada bonus dan reward bagi setiap konsumen yang berhasil menceritakan keunikan perusahaan dengan programnya ini dan berhasil mengajak teman-temannya menjadi konsumen setia di perusahaan tersebut.

Disamping itu, sebagai konsumen kita biasanya lebih percaya kepada orang-orang atau teman-teman disekeliling kita. Dengan demikian, kita pun lebih mudah melakukan apa yang dilakukan atau dianjurkan teman-teman kita. Disinilah Viral Marketing bermain. Membiarkan teman kita menjadi sponsor kita atau kita yang menjadi sponsor bagi mereka.

Karena Viral Marketing adalah program bisnis pemasaran jaringan, sudah pasti bersifat networking. Semua bisnis tentunya membutuhkan jaringan. Kita membutuhkan jaringan untuk memberitahu orang mengenai usaha kita. Kita perlu jaringan promosi dari mulut ke mulut, meski tidak semua perusahaan bisa memperolehnya. Jaringan informasi dari mulut ke mulut jauh lebih efektif daripada iklan apapun. Customer Satisfaction Talk Loudly Than Advertisment. Inilah yang nantinya akan disiasati program Viral Marketing secara cerdik.

Tulisan ini saya susun dengan bahasa yang sederhana dan dikemas dalam bentuk “Tanya-Jawab”. Hal ini tak lain agar apa yang ingin saya ungkapkan lebih mudah ditangkap dan dimengerti. Saya memilih satu perusahaan atau produk tertentu untuk saya jelaskan bagaimana program Viral Marketing ini bisa dijalankan. Perusahaan yang saya contohkan disini adalah perusahaan yang telah mengadopsi konsep Viral Marketing secara murni. Saya sendiri juga merupakan member ( anggota ) dari perusahaan tersebut. Dan saya sangat merekomendasikan agar anda nantinya juga ikut menjadi bagian dari perusahaan yang sudah mulai booming ini. Nama perusahaan itu adalah : PT. Dynasis Golden Infinity atau yang lebih biasa dikenal dengan “DYNASIS”.

Dunia bisnis begitu kompleks dan rumit. Inilah salah satu sumbangan saya untuk bisnis yang kompleks ini. Mari kita rangkai sebuah jaringan bisnis yang mengglobal di seluruh dunia dengan program Viral Marketing ini. Selamat datang di dunia Viral Marketing.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s