Jejaring Sosial di sekitar kita


” Sudah punya facebook belum, Bu ?”,

Sebuah pertanyaan yang banyak didengar dilingkungan sekolah, kerja dan masayarakat sekarang ……………

Sejak awal 2009 sampai awal tahun ini saya banyak mendapat pertanyaan dan permintaan dari teman-teman yang sebagian besar adalah berprofesi sebagai pendidik alias guru ingin bergabung kedalam sebuah situs pertemanan atau jejaring sosial. Ada yang ingin bergabung di facebook, twitter, dan lain-lain.

Menyimak hal ini saya cukup senang karena sebagian teman-teman yang selama ini tidak pernah tertarik dengan hal-hal tersebut ternyata tidak bisa menahan diri untuk tidak tergoda dengan fasilitas ini. Dari pengamatan saya, ketertarikan teman-teman saya ini karena pengaruh pergaulan sehari-hari baik dilingkungan kerja, masyarakat dan keluarga mereka sendiri.

Anak-anak sekolah sekarang dengan handphone ditangan dan disela-sela waktu senggang mereka selalu sibuk meng-update status mereka setiap saat. Begitu juga dengan para guru-guru mereka tak lengkap tanpa memiliki alamat di situs jejaring sosial tersebut. Mereka serasa malu dan ketinggalan zaman bila tak ikut bergabung dengan jejaring sosial yang lagi melanda.

Namun dibalik itu semua saya juga mengamati bahwa keikutsertaan mereka pada jejaring sosial tersebut juga membawa dampak negatif, antara lain anak-anak sekolah yang tidak fokus belajar karena sibuk ber-facebook. Orang-orang yang menggunakan sarana ini untuk menghina pihak lain dan pengeluaran mereka bertambah untuk  pembelian pulsa dan pembayaran tagihan koneksi internet. dll. Untuk itu kita semua diharapakan untuk tetap menjaga etika dan sopan santun dalam menggunakan kemajuan teknologi dan informasi yang semakin hari makin cepat dan murah.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s