Komputer berisik ?


Baik atau tidaknya hasil pekerjaan  dapat dipengaruhi oleh suasana kantor. Ya, ketenangan dalam bekerja akan membuat kita semakin berkonsentrasi dengan pekerjaan. Namun, ketenangan suasana kantor dapat berubah seketika gara-gara hadirnya suasana berisik dari komputer. Untuk mengantisipasi hal tersebut sebaiknya simak hal-hal berikut ini.

Suara berisik dari komputer dapat disebabkan oleh kipas komputer. Periksalah apakah kipas komputer kotor atau kurang minyak. Jika terbukti kotor, segera bersihkan, lalu berikan minyak pada kipas tersebut.

Selain itu, perhatikanlah ukuran kipas yang digunakan oleh komputer, Cobalah gunakan kipas yang besar ukuranya dengan kecepatan yang lebih rendah. Sebab kipas yang berukuran besar dapat membuang udara panas lebih banyak. Hal ini akan membuat kipas tidak perlu berputar terlalu kencang sehingga komputer tidak berisik.

Penyebab lain komputer berisik adalah karena pengaruh harddisk. Sebaiknya  tidak mengaktifkan harddisk pada saat tidak menggunakan komputer. Hal ini dapat membuat harddisk  tidak bekerja untuk sementara waktu. Kita juga dapat mengatur secara otomatis agar harddisk berhenti aktif pada waktu tertentu. Caranya yaitu melalui opsi “Power Option” yang ada dalam control panel.

Selain itu, kita juga dapat menggunakan brecket plastik untuk melindungi harddisk. Brecket ini banyak tersedia di toko-toko komputer yang banyak menjual komponen bagian dalam komputer.

Satu lagi perangkat yang tidak kalah berisik adalah floopy disk. Untuk mengantisipasi hal ini, sebaiknya  kita tidak menggunakan floopy disk lagi. Kita dapat mengganti floopy disk dengan flash disk yang memiliki kapasitas jauh lebih besar dan praktis.

Selain menggunakan kipas, kita juga bisa mencoba teknik pendinginan yang lain, yaitu dengan teknologi water cooling. Sesuai dengan namanya, teknik ini menggunakan air. Memang jauh lebih mahal, tetapi hasilnya akan sangat berharga untuk komputer.

Jangan lupa juga untuk selalu mengontrol temperatur PC. Baik pemantau melalui piranti keras maupun piranti lunak khusus. Malaui alat ini, kipas tidak perlu lagi bekerja keras setiap harinya. Sebab, jika komputer menunjukkan temperatur tinggi, maka kipas akan bekerja keras dan agak berisik. Oleh sebab itu, hentikanlah pekerjaan  untuk sementara sambil menunggu komputer  dingin kembali.

Iklan

Penulis: awidiyar

Setiap hari berkutat dengan komputer, gadget dan internet. Berminat berbagi dan bekerja sama dengan siapa saja yang memiliki minat yang sama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s