Pemanfaatan Internet sebagai Sumber dan Sarana Pendidikan


Pendidikan pada dasarnya meruupakan suatu proses komunikasi informasi dari pendidikan kepada peserta didik yang berisi informasi-infromasi pendidikan. Unsur pendidik sebagai informasi, media sebgai sarana penyaji ide, gagasan dan materi pendidikan, serta pendidik itu sendiri (etomo, 2004). Bebarapa bagian unsur ini mendapat sentuhan media teknologi informasi sehingga mencetuskan ide tentang e-learning.

E-Learning berarti pembelajaran dengan menggunakan jasa bantuan perangkat elektronika, khususnya perangkat komputer dan internet. Karena itu e-learning sering juga disebut online curse.

Pemanfaatan komputer dan internet sebagai sarana pembelajaran dapat di implementasikan menjadi beberapa point sebagai berikut :

Browsing

Browsing atau surfing merupakan istilah umum yang digunakan bila hendak menjelajahi dunia maya atau web. Tampilan web yang sangat artistik menampilkan teks, gambar-gambar, dan animasi sehingga membuat betah pengujungnya.

Resourcing

Resourcing yang dimaksud disini adalah menjadikan internet sebagai sumber pengjaran. Internet sebagai gudangnya informasi yang dimanfaatkan untuk mendapatkan informasi dan data yang berkaitan dengan materi pengajaran yang disampaikan. Dalam hal ini, informasi yang berkaitan dengan alamat situs yang akan dikunjungi sebagai sumber materi ajar telah diketahui telebih dulu melalui informasi yang diberikan dalam buku pegangan pengajaran maupun dari informasi lainnya.

Searching

Searching merupakan aktivitas yang paling sering dilakukan oleh seorang pengguna internet. Dengan fasilitas ini, sangat  banyak sumber informasi yang tidak ditemukan pada tahapan browsing dan resourcing dapat ditelusuri. Dengan demikian fasilitas searching ini dapat digunakan untuk proses pencarian sumber  pembelajaran guna melengkapi materi yang akan disampaikan kepada peserta didik.

Consulting and Communicating

E-mail merupakan aplikasi paling populer sejak internet pertama kali diperkenalkan. Fasilitas ini dapat menjembatani komunikasi antara pendidik dan peserta didik. Dengan e-mail, proses bimbingan dan konsultasi dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. Selain itu juga dapat menggunakan fasilitas chatting, video chatting, teleconfrence dll.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s