Sejarah Blogging dan WordPress


Sebuah Weblog, Web log, atau singkatnya Blog, adalah sebuah aplikasi web yang memuat secara periodic tulisan-tulisan (posting) pada sebuah halaman web. Tujuan awalnya adalah untuk mempermudah pengguna jasa internet dalam mengungkapkan pemikirannya tentang suat hal atau topic secara online di internet tanpa diikuti oleh aturan-aturan standar yang mengikat sebuah halaman web.

Sebagaimana termuat dalam Wikipedia, sebuah ensiklopedia gratis terbesar saat ini, istilah Weblog pertama kali digunakan oleh John Barger pada tahun 1997. Kemudian pada bulan Mei 1999 Peter Mehloz mengkoversikan istilah tersebut ke dalam suatu bentuk yang mempunyai karakteristik yang sama. Dia mengidentikkan kata we blog dengan weblog. Kemudian dia menggarisbawahi istilah Blog. Singkat cerita, sejak saat itu secara global orang menerima kedua hal tersebut, yakni makna dari Weblog sebagai “to post in someone’s blog”.

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com yang dimiliki oleh PyraLab. Akhirnya, PyraLab diakuisi oleh Goolge.com di akhir tahun 2002.

Blog engine WordPress mulai diperkenalkan pada tahun 2003 dengan sebuah bit single yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan tipografi posting. Sejak saat itu WordPress berkembang menjadi self-hosted blogger terbesar didunia. Ia digukan oleh ratusan, bahkan ribuan situs, dan dilihat oleh puluhan juta orang setiap hari. Ini belum dihitung blog hosting yang berada dibawah domain WordPress.com

Dari situs resmi WordPress.org, dinyatakan bahwa WordPress dibuat oleh dan untuk komunitas (by and for community) yang berlabel opensource. Artinya terdapat ratusan orang di dunia yang terlibat dalam pengembangannya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s