Domain & Hosting

on

Rekan-rekan sering mendengar istilah domain dan hosting kan ……… Pada saat kita mengakses internet pasti kita akan mengetikan alamat website yang akan kita kunjungi contoh http://www.google.com. Nah..itulah yang disebut domain.

Menurut wikipedia, Nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya “wikipedia.org”. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Penamaan domain yang terdapat diinternet antara lain : .com, co.id, .org,  .go.id, .gov, net, .web.id, .biz  dan lain-lain. Biasanya tergantung dengan keperluan dan negara pengelola domain itu sendiri.

Hosting

Hosting dapat diartikan sebagai tempat yang kita gunakan untuk meletakkan dan menyimpan file-file yang kita miliku sehingga dapat dilihat oleh seluruh orang melalui media internet. Hosting ini biasanya dapat kita gunakan dengan menyewa baik secara bulanan atau tahunan kepada penyedia hosting.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s