Etika Mengirim E-mail (2)


Hallo rekan-rekan netter semuanya…..sudah baca etika mengirimkan email bagian 1..ini lanjutannya….etika mengirimkan e-mail bagian 2 dan mudah-mudahan bermanfaat untuk kita semua..

10. Hormati Privasi orang lain

Hormati juga alama e-mail pengirim. Bila kita sedang mengirim e-mail ke sejumlah orang yang mungkin satu sama lain mungkin tidak saling mengenal, gunakan ‘bcc” atau “blind carbon copy” agar alamat e-mail mereka tidak saling diketahui.

11. Jangan melakukan spam

Mungkin saja kita tidak sengaja melakukannya. Banyak orang tidak menyadari jika mereka menggunakan alamat e-mail yang mereka dapat dari “forwarded e-mail”, kemudian menggunakannya tanpa permisi. Hal ini termasuk bentuk spam.

12. Gunakan hhuruf besar seperlunya

Dalam menulis e-mail, kita tidak boleh menggunakan huruf besar semua. Dengan mengaktfikan Caps Lock / huruf besar dapat diartikan sebagai pertanda kemarahan atau kita sedang berteriak-teriak, karena itu gunakan huruf besar seperlunya

13. Hati-hati bila menggunakan singkatan dan ikon emosi

Kita harus berhati-hati menggunakan singkatan-singkatan dan ikon emosi (emoticon). Belum tentu penerima e-mail mengerti apa yang kita maksudkan. Terlebh jika mengirimkan e-mail untuk urusan resmi. Kesalahan pengertian dari penerima e-mail akan merugikan kita sendiri.

14. Jangan terbawa emosi

Jika kita menerima e-mail yang kurang menyedapkan, jangan membalas saat itu juga. Kita perlu memikirkan maksud sebenarnya. Menunggu beberapa waktu sebelum membalasnya juga akan membuat emosi kita mereda. Dengan demikian kita dapat berpikir dan bertindak dengan kepala dingin.

15. Bersabarlah menunggu e-mail balasan

Kita harus bersabar bila e-mail yang kita kirimkan belum dibalas. Orang lain mungkin mempuyai kesibukan tersendiri dan belum sempat membalas e-mail kita. Banyak orang mengecek e-mailnya seminggu sekali bahkan lebih lama dari itu.

16. Ketertarikan yang berbeda

Jangan terus-menerus mengirimkan sesuatu pada mereka yang tidak pernah membalasnya, meskipun dengan ucapan terima kasih. Setiap orang mempunyai ketertarikan akan sesuatu hal yang berbeda-beda. Topik yang kita anggap menarik belum tentu bagi orang lain.

17. Jangan lampirkan fie yang tidak perlu

Sebaiknya kita tidak melampirkan file yang tidak perlu dalam e-mail kita. Hal ini sering terjadi secara tidak sengaja. sering kita lupa menghapus file attachment pada saat mem-forward atau me-replay e-mail. File-file tersebut akan membuat kotak surat penerima e-mail menjadi penuh

18. Buatlah layout yang baik

Membaca e-mail kadang kala tidak nyaman. Hal ini dikarenakan kita harus membacanya didepan komputer, apalagi jika kita sudah bekerja di depan komputer seharian. Karena itu, jika kita mengirimkan e-mail, sabiknya kita membuat layout yang baik, sehingga penerima e-mail dapat membacanya lebih mudah. Usahakan jangan mengggunakan kalimat-kalimat yang panjang. Untuk memudahkan pembacaan, kita dapat menambahkan baris kosong di setiap paragraf

Iklan

Penulis: awidiyar

Setiap hari berkutat dengan komputer, gadget dan internet. Berminat berbagi dan bekerja sama dengan siapa saja yang memiliki minat yang sama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s