Keuntungan Website dengan CMS WordPress

on

WordpressDunia informasi yang berkembang pesat membuat semua orang dengan gampang mendapatkan dan menyebarkan informasi, baik menggunakan media sosial, blog dan melalui website. Dengan media sosial orang-orang bisa berbagi informasi melalui facebook, twitter, google+, Linkedin, dan lain-lain. Sementara yang lainnya menggunakan blog dapat digunakan blogspot, wordpress dan lainnya.

Sedangkan sebagian besar lainnya bisa menggunakan script blog atau website dengan harapan informasi yang mereka sebarkan dapat terfokus. Untuk ini mereka biasa menggunakan script untuk membuat website dengan tipe CMS (Content Management System). Salah satu CMS yang banyak digunakan adalah WordPress.

Kenapa CMS WordPress banyak digunakan ? Berikut ini alasannya …

1. WordPress CMS paling banyak dipakai.

WordPress merupakan open source CMS yang paling populer dikarenakan gratis. Saat ini dengan jumlah website atau blog 60 juta lebih (hanya website yang terdaftar di WordPress.com). Banyak website yang memakai CMS ini, baik yang menggunakan platform WordPress.com atau yang menggunakan WordPress.org pada hosting masing-masing.

2. WordPress sangat fleksibel

Dari segi penggunaan, WordPress merupakan CMS yang sangat mudah untuk dikustomisasi baik template (theme)ataupun pluginnya.

Dahulu WordPress hanya digunakan untuk blog. Namun seiring berkembangnya kemampuan inti dari WordPress, saat ini WordPress dapat digunakan untuk keperluan apapun.

 CMS ini sangat cocok untuk berbagai keperluan, mulai dari website/blog pribadi, profil perusahaan, portfolio, toko online (ya WordPress bisa digunakan sebagai toko online atau e-commerce), kumpulan resep masakan, forum, social media, dll. Kecuali yang kita butuhkan adalah sebuah aplikasi web yang memiliki spesifikasi khusus (selain management konten), saya yakin WordPress pasti bisa memenuhi kebutuhan mengenai website kita.

 3. WordPress mendukung penuh SEO

Selain itu, berbagai plugin SEO siap membantu kita untuk menaikkan peringkat website di mesin pencari Google, Yahoo! atau Bing. Beberapa plugin bahkan dapat mempromosikan post kita melalui Twitter, salah satunya adalah plugin yang saya buat bersama teman saya Tom, yaitu Evergreen Post Tweeter.

 Selain itu ada juga plugin untuk menghubungkan dengan Google Analytic (untuk analisa trafik).

 4. WordPress adalah CMS yang mudah digunakan

Menggunakan WordPress CMS sangat mudah. Menu-menu yang ada cukup mudah digunakan dan dimengerti. Namun bila kita menemui kesulitan, cukup “googling” saja, akan banyak ditemukan artikel-artikel yang membahas wordpress ini. Forum-forum khusus WordPress juga dapat membantu kita untuk menyelesaikan masalah yang muncul. Kita dapat bertanya melalui support forum WordPress di wordpress.org/support atau wordpress.stackexchange.com. Di Indonesia, salah satu forum WordPress yang terkenal adalah Forum WordPress Indonesia. Kalau malas membaca literatur dari internet dan ingin informasi yang tersusun dengan rapi, kita bisa membeli buku-buku mengenai WordPress di toko buku terdekat.

 5. WordPress memiliki jumlah Developer yang banyak di Indonesia (juga di dunia)

Ini salah satu kelebihan yang dari WordPress, karena open source banyak sekali yang menjadi developer. Jadi jangan ragu untuk menggunakan wordpress untuk membangun website apa saja sudah banyak website besar yang tampil di halaman pertama mbah google menggunakan cms wordpress ini

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s