Beda layar LCD dan LED


LEDKarena penasaran melihat berbagai merek TV dan monitor di sebuah toko elektronik yang menggunakan istilah LCD dan LED,iseng-iseng saya mengunnjungi “mbah google” dengan pertanyaan apakah benar layar dengan teknologi LED lebih baik ?

Dari pertanyaan yang saya sampaikan kepada “mbah google” tadi, ternyata pertanyaan tersebut menghasilkan jawaban sebanyak 2.160.000. Ini berarti pertanyaan ini memiliki banyak jawaban.

Dari http://www.samsung.com diperoleh jawaban bahwa “Monitor LED memastikan kualitas gambar yang nyaris sempurna untuk menonton film dalam full HD, memainkan game terbaru, dan menyiapkan presentasi. Karena lampu LED lebih redup pada lokasi tertentu, Anda dapat meredupkan bagian tertentu di layar dan mempercerah bagian lain. Hasilnya adalah rasio kontras yang lebih tinggi, menghasilkan gambar yang lebih baik, sekaligus hemat energi. Monitor lampu latar LED EX2220 dari Samsung, misalnya, memiliki rasio kontras megadinamis 5.000.000:1, menghasilkan gambar yang tajam dan jelas. Seri ini menawarkan waktu respons yang cepat (yaitu dua milidetik), dehingga cocok digunakan untuk grafis dan elemen video pada game terbaru yang bergerak cepat. Gambar yang jelas sempurna untuk menonton film blockbuster terbaru, atau menayangkan presentasi bisnis.

Dari pernyataan diatas bahwa monitor dengan teknologi LED memiliki kualitas gambar yang nyaris sempurna, dan konsumsi energi yang lebih hemat dan ramah lingkungan karena monitor lampu LED tidak mengandung merkuri, halogen, atau timbal.

Memperkuat jawaban diatas saya juga mendapat jawaban dari http://www.jendelasarjana.com bahwa Monitor LCD dan LED menggunakan teknologi dasar yang sama untuk menampilkan gambar, namun menggunakan jenis backlighting yang berbeda. Monitor LCD menggunakan CCFL(cold cathode fluorescent lamps) untuk backlightingnya, sedangkan monitor LED sesuai namanya menggunakan backlight LED(light emitting diodes). Dengan kata lain, monitor LED adalah penyempurnaan dari monitor LCD.

Melihat jawaban dari beberapa sumber diatas memang benar bahwa Layar monitor yang menggunakan teknologi LED lebih baik dibandingkan LCD apalagi dengan CRT. Namun untuk harga layar monitor dengan teknologi LED ini masih lebih mahal.

Iklan

Penulis: awidiyar

Setiap hari berkutat dengan komputer, gadget dan internet. Berminat berbagi dan bekerja sama dengan siapa saja yang memiliki minat yang sama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s