Heartbleed, Ancaman Baru di Internet


heartbleedMungkin rekan-rekan netter beberapa hari belakangan ini membaca dan mendengar sebuah virus baru yang dinamakan heartbleed. Ya..Virus komputer “Heartbleed”, yang ditemukan Senin (7/4), membuat rentan tidak hanya server situs tapi juga sistem email, sistem keamanan jaringan firewall, komputer pribadi dan bahkan telepon pintar.

“Heartbleed” terdapat pada program enkripsi yang digunakan banyak situs. Lewat “Heartbleed”, peretas bisa menembus jaringan komputer dan mencuri data, termasuk kata sandi. Situs-situs yang paling rentan adalah perusahaan-perusahaan besar berbasis Internet seperti Google dan Yahoo, atau peritel seperti Amazon. Lembaga keuangan menjadi pihak paling berbahaya atas kehadirannya Heartbleed.

Tetapi para pakar memperingatkan bahwa potongan-potongan kode OpenSSL juga dapat berada di server, komputer rumah dan telepon pintar, seraya memperingatkan publik untuk mengubah kata sandi pada situs-situs sensitif, seperti akun bank dan email pribadi. Para penulis kode komputer tengah mengembangkan penawar, yang disebut “patch,” untuk mencegah kemungkinan pelanggaran.

Diambil dari berbagai sumber.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s