Tips Menghindari Dampak Buruk Internet

on

internet sehatAssalamualaikum rekan-rekan semuanya…lama tidak berjumpa, karena kesibukan lam juga tidak meng-update tulisan di blog ini. Semoga kita semua dalam keadaan baik dan sehat selalu. Kali ini penulis mencoba untuk berbagi tips cara menghindari damak buruk internet. Tema ini sengaja diambil sebagai bahan membentengi diri dari dampak internet yang begitu pesat pengguna dan perkembangannya.

Internet memang dapat diibaratkan sebagai pedang tajam yang bermata dua, sangat handal dan dapat dimanfaatkan untuk hal-hal baik, namun juga sangat handal untuk melakukan hal-hal yang buruk. Manfaat yang diperoleh oleh pengguna, baik atau buruk, sangat tergantung kepada pengguna internet itu sendiri. Oleh karena itu sebagai pengguna internet, kita semua harus berhati-hati ketika menggunakan internet agar internet hanya memberikan manfaat yang baik dan terhindar dari hal-hal yang buruk.

Berikut beberapa tips yang dapat menghindarkan kita dari bahaya buruk internet, antara lain :

  1. Jagalah data penting, seperti user ID dan password, jangan sampai dicuri oleh orang lain. Setiap login ke akunmu di sebuah situs tertentu, jangan lupa logout sebelum meninggalkan komputer yang digunakan
  2. Jangan menampilkan data-data yang penting di jejaring sosial, seperti tanggal lahir, alamat rumah, alamat sekolah, nomor handphone, nomor telepon rumah, nama ibu kandung, jadwal kegiatan dan hobbi pada kegiatan ekstrim. Semua ini dapat dimanfaatkan orang lain yang akan mendatangkan malapetaka.
  3. Hindarilah situs-situs perjudian dan pornografi. Katakan tidak pada situs-situs tersebut. Jika kamu secara tidak sengaja menemukan situs-situs tersebut, tutuplah browser secepatnya.
  4. Jangan mudah percaya jika ditawarkan sesuatu yang menarik dan dapat diperoleh dengan mudah. Para penipu biasanya memberika iming-iming sesuatu yang besar tetapi ada maksud tersembunyi
  5. Hati-hatilah dengan orang yang kamu kenal di dunia maya. Ingatlah, mereka orang asing dan tidak seharusnya dipercaya dengan mudah
  6. Hati-hatilah memasukkan alamat email di halaman web yang ada di internet. Alamat email yang didaftarkan dihalaman web tertentu dapat digunakan orang lain sebagai sasaran spam.
  7. Gunakanlah layanan email yang disertai dengan penangkal spam
  8. Kembangkanlah prinsip-prinsip, ajaran dan perilaku yang baik yang sudah kamu terima. Perkuatlah ibadah dan pahamilah lebih banyak ajaran agama yang kamu anut. Hal ini akan membentengi diri kita dari nilai-nilai luar yang dapat merusak karakter diri yang masing-masing telah kita miliki.

Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan agar kita terhindar dari dampai negatif internet. Mudah-mudahan bermanfaat……..!

Iklan

One Comment Add yours

  1. theadiokecenter berkata:

    internet bagai pisau bermata dua, harus hati2 dan bijak menggunakannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s