Refleksi Akhir Tahun


Masih teringrefleksi diriat rasanya pergantian tahun 2014 yang lalu. Gegap gempita disertai pro dan kontra perayaan penggantian tahun masih terngiang di kepala, tapi kini rasa itu akan kembali lagi. Ya..tahun 2014 segera akan berakhir. Rasanya satu tahun tak terasa lama.

Sebagian besar kita pasti akan mengatakan hal yang sama. Tapi dibalik itu semua sebaiknya kita coba merefleksi diri kita masing-masing. Apa yang kita alami ?, apa yang telah kita perbuat ?, Apa yang telah kita capai ?, Apa yang telah kita berikan ? Apa yang telah kita curahkan ?, dan banyak lagi pertanyaan lainnya.

Secara umum tahun 2014 penulis sendiri mengalami banyak hal. Mulai dari kehidupan pribadi, kehidupan dalam keluarga serta kehidupan dalam lingkungan. Secara pribadi penulis mengalami dan melewati pahit getir kehidupan, mulai dari sisi pekerjaan, beban kehidupan yang bertambah seiring dengan keadaan yang ada. Dari sisi kehidupan bekeluarga, penulis dan rekan-rekan yang lain pasti mengalami rintangan dan kemudahan. Banyak diantara kita yang harus bekerja lebih giat demi menghidupi keluarga agar lebih sejahtera.

Secara nasional, kita sebagai rakyat merasakan gegap gempita peristiwa politik penting antara lain, pemilihan kepala daerah, pemilihan anggota legislatif sampai dengan pemilihan presiden dan wakil presiden yang menyedot banyak energi bangsa yang hingga saat ini masih kita rasakan.

Selain itu banyak juga peristiwa yang mengharuskan kita mengelus dada dan melenguh dalam hati, seperti peristiwa bencana alam banjir, kemarau, gempa bumi, tanah longsor, kebakaran. Perbuatan kriminal seperti pembuhunan disertai mutilasi, pembunuhan bayi, kekerasan dalam rumah tangga, dan lain-lain yang terkadang hal itu tidak pernah terbayangkan oleh kita.

Diakhir tahun dan menjelang pergantian tahun 2014 ke 2015 ini, tidaklah akan bermakna bila hanya dilakukan dengan acara-acara seremonial, pesta-pesta, liburan dan hiburan jika kita tidak bisa mengambil hikmah dari peristiwa yang sudah kita alami setahun sebelumnya dan memikirkan rencana yang lebih baik di tahun yang akan datang.

Ingatlah…berganti tahun berarti umur kita makin berkurang….maka mari kita isi hidup kita masing-masing dengan berbuat kebaikan baik untuk diri sendiri, dengan orang lain, dalam berkeluarga, bermasyarakat dan bernegara.

Iklan

Penulis: awidiyar

Setiap hari berkutat dengan komputer, gadget dan internet. Berminat berbagi dan bekerja sama dengan siapa saja yang memiliki minat yang sama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s