Akhir Pebruari dan Tahun Kabisat


leap-year-2016-5690429188079616-hpWah…tak terasa hari ini adalah hari terakhir di bulan Pebruari 2016. Artinya sudah satu bulan saya tidak menulis di blog ini. Biasalah penyakit lama kumat lagi…gak ada ide buat ditulis…..

Hari ini mungkin banyak yang tidak ingat atau tidak mengetahui bahwa bulan ini diakhiri dengan dengan dua puluh sembilan. Tanggal yang muncul empat tahun sekali atau biasa disebut dengan tahun kabisat. Tahun kabisat bisa diartikan sebagai tahun yang mengalami penambahan hari untuk menyesuaikan penanggalan dengan tahun astronomi.

Dalam satu tahun tidak secara persis terdiri dari 365 hari, tetapi 365 hari 5 jam 48 menit 45,1814 detik. Jika hal ini tidak dihiraukan, maka setiap 4 tahun akan kekurangan hampir 1 hari (tepatnya 23 jam 15 menit 0,7256 detik).[butuh rujukan]

Maka untuk mengkompensasi hal ini, setiap 4 tahun sekali (tahun yang bisa dibagi 4), diberi 1 hari ekstra: 29 Februari. Tetapi karena 5 jam 48 menit 45,1814 detik kurang dari 6 jam, maka tahun-tahun yang bisa dibagi 100 (seperti tahun 1900), bukan tahun kabisat, kecuali bisa dibagi dengan 400 (seperti tahun 2000). ( Wikipedia)

Saya punya saudara sepupu yang lahir pada tanggal dua puluh sembilan. Setiap tanggal ini tiba dia biasanya menampakan wajah yang riang dan senang sekaligus bangga. Dia merasa bahwa dia adalah seorang yang memiliki keunikan karena lahir di tanggal dua puluh sembilan dan bisa memperingati hari kelahirannya setiap empat tahun sekali. Tapi tidak dengan teman-temannya, mereka kesal kepada saudara sepupu saya ini. kenapa…? karena hari ulang tahunnya diperingati setiap emapat tahun sekali…artinya dia mentraktir makan teman-temanya empat tahun sekali juga….haaaa..haaa…..tidak seperti temannya yang harus secara bergiliran mentraktir makan memperingati hari lahirnya setiap tahun…..

Tapi dia juga merasa sedih…karena hanya mendapat doa dan hadiah ulang tahun hanya empat tahun sekali juga…haaa…haa…

Tahun kabisat memang memiliki cerita tersendiri…termasuk juga Google hari ini menampilkan Doodle dengan tema tahun kabisat…Mungkin banyak juga diantara rekan-rekan yang memiliki cerita unik di tanggal 29 Pebruari 2016 kali ini…..silahkan berbagi melalui kolom komentar……

Iklan

Penulis: awidiyar

Setiap hari berkutat dengan komputer, gadget dan internet. Berminat berbagi dan bekerja sama dengan siapa saja yang memiliki minat yang sama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s