Buat Toko Online Ternyata Tidak Sulit


Diera globalisasi seperti sekarang ini, gaya hidup manusia juga berubah. Semuanya berubah mengikuti perkembangan teknologi. Salah satunya adalah cara berdagang dan berbelanja. Dulu kita biasa berbelanja dan berdagang secara konvensional, membuka toko untuk berdagang dan datang ke toko atau ke pasar untuk berbelanja. Tapi hal itu berubah sejak 10 tahun terkahir. Semua orang bisa berdagang dan berbelanja dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dengan membuat dan berbelanja di toko online.

Rasanya sekarang semua orang sudah tau apa itu toko online. Sudah banyak perusahaan yang membuat toko online dengan modal yang besar dan menghasilkan transaksi yang besar juga. Misalnya “market place” Lazada, tokopedia, bukalapak, olx, elevenia dan masih banyak lagi yang lainnya. Sedangkan toko online yang dimiliki oleh perseorangan jumlahnya sudah sangat banyak. Terutama para pemiliki usaha kecil dan menengah, mereka sudah biasa menggunakan toko online sebagai cara untuk memasarkan produk mereka.

Lalu bagaimana membuat toko online….? ternyata tidak terlalu sulit. Sebagai pengalaman pribadi, beberapa waktu yang lalu ada teman saya Taswir yang memiliki bisnis dibidang obat-obat herbal meminta saya untuk membantunya membuat sebuah toko online untuk memasarkan produk-produknya. Setelah mendapat gambaran, model dan tampilan yang diminta oleh teman saya tersebut saya mencoba membuat toko online dengan menggunakan script dari wordpress yang ditambah dengan “plugin” untuk menampilkan produk yang dijual serta “peralatan lain” yang mendukung toko online tersebut. Hingga akhirnya toko online tersebut jadi dengan penampakan seperti di link ini dengan alamat www.greenworldclinic.com.

Dilihat dari tampilannya sederhana, tapi sudah sangat siap untuk digunakan bertransaksi. Ini terbukti dari laporan teman saya tersebut order pembelian dari toko online ini sudah berdatangan.

Dari cerita diatas bahwa untuk membuat sebuah toko online tidaklah terlalu sulit. Yang harus disiapkan adalah sedikit biaya untuk sewa domain dan hosting. Untuk script yang digunakan banyak sekali penyedia layanan ini yang bisa didapat secara gratis atau berbayar melalui internet. Ataupun jikalau tidak ingin ribet dan tinggal terima jadi bisa juga membayar jasa kepada para pembuat website, toko online atau blog. seperti di Media Prabumulih.com.

Iklan

Penulis: awidiyar

Setiap hari berkutat dengan komputer, gadget dan internet. Berminat berbagi dan bekerja sama dengan siapa saja yang memiliki minat yang sama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s