Pencerahan dari Om Jay

on

Kemaren Sabtu, 15 Oktober 2016 saya berkesempatan mengikuti satu workshop di kota Palembang, salah seorang pematerinya adalah seorang guru, motivator,  yang juga adalah blogger, namanya Wijaya Kusuma atau lebih dikenal dengan panggilan Om Jay.

Om Jay ini sehari-hari profesinya adalah seorang guru di SMP Labschool Jakarta, namun untuk urusan ngeblog sudah banyak prestasi yang dicapai. Salah satunya adalah juara nasional Lomba Blog dari pusat bahasa Depdiknas di Jakarta pada tahun 2009, serta prestasi-prestasi lainnya yang dapat dilihat di blog pribadi beliau di sini.

Mendapat pencerahan dari Om Jay kemaren rasanya bikin semangat kembali untuk terus menulis di blog. Karena satu pesan Om Jay yang selalu didengungkannya adalah :

Menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi

Kutipan diatas memang terasa mudah untuk dilakukan tapi sangat berat untuk dilaksanakan. Setiap orang memiliki kemampuan untuk menulis tapi sulit untuk mencurahkannya dalam bentuk tulisan. Untuk mengatasi hal tersebut Om Jay mengatakan adalah dengan cara memulai menulis dengan apa adanya, tidak usah dipikirkan makna, panjang tulisan dan lain-lainnya. Bukankah sekarang kita selalu menulis status di facebook, di twitter, whatsapp dan media sosial lainnya. Mulailah menulis dengan melihat apa yang dihadapan kita, menulis apa yang kita dengar dan menulis apa yang kita rasakan.

Jika kita sudah bisa memulai untuk menulis, selanjutnya adalah membiasakan diri untuk menulis, mulailah dengan menulis setiap hari misalnya dengan 140 karakter saja seperti kita menulis status, dan selalu bertambah hingga satu halaman setiap harinya.

Om Jay mengatakan bahwa untuk bisa menulis bukanlah sebuah bakat, sebab menulis adalah keterampilan yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Jika kita sudah biasa menulis setiap hari maka jangan kaget kita akan terbiasa menulis.

Sekarang kebiasaan menulis dapat dicurahkan dalam sebuah blog. Blog dapat menjadi tempat untuk mencurahkan tulisan dan mendokumentasikan tulisan-tulisan kita. Setiap saat bisa dibaca, diedit dan dipublikasikan. Dengan kemudahan-kemudahan yang diberikan oleh blog, kita semua dapat menjadi penulis yang handal.

Menulis memang butuh latihan dan pembiasaan, tapi menulis adalah sebuah kegiatan yang mudah untuk dilakukan. Ayo menulis……!!!

Iklan

2 Comments Add yours

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s