Ternyata Sedekah Nggak Harus Ikhlas


Tak terasa hari ini kita sudah menjalankan ibadah puasa ramadan 1439 H pada hari kelima. Tentu saja sudah banyak hal yang kita rasakan. Mulai dari menahan rasa haus dan lapar, peningkatan intensitas dalam beribadah, peningkatan jumlah belanja..kok bisa ??? ya..dibulan puasa banyak yang lapar mata dan nafsu untuk memakan semua saat berbuka dan semuanya harus dibeli…..dan lain-lain. Coba lihat disekeliling kita, masjid-masjid masih penuh jamaah pada saat sholat tarawih sampai dengan sholat wajib lima waktu… maklum masih diminggu awal bulan puasa.. tapi mudah-mudahan begitu terus sampaj akhir ramadan. Amiin

Pagi ini disela-sela waktu saya menyempatkan diri untuk membaca beberapa buah buku. Dari beberapa buku yang ada itu tampak sebuah buku yang judulnya sangat menarik. Mungkin karena dalam suasana menjalankan ibadah puasa hati ini tergerak untuk membacanya. Sebuah buku yang ukurannya seperti ukuran novel serial Wiro Sableng didominasi warna orange dan kuning cerah dengan judul yang cukup besar memenuhi covernya. Judulnya “Ternyata Sedekah Nggak Harus Ikhlas” karya Marah Adil, Psd.

Hmmmm…..Membaca judul buku ini langsung terlintas didalam benak…bagaimana pula ceritanya bahwa sedekah nggak harus ikhlas..karena selama ini saya dan mungkin rekan-rekan yang lain telah mendapatkan pelajaran, didikan bahkan doktrin dari orang tua dan para guru bahwa jika bersedekah itu harus ikhlas. Jika tidak ikhlas makan akan sia-sia sedekahnya….

Untuk mencerna isi dari buku ini ternyata tidak sulit….tulisan dengan gaya santai dan alur yang jelas membawa kita dengan mudah membayangkan makna dan tujuan dari tulisan yang ada di buku ini…

Sebagai gambaran dan maksud dari buku ini sudah tampak dilembar pertamanya. Berikut empat halaman yang diambil fotonya dengan kamera smartphone…..silahkan dibaca pelan-pelan…..

sedekah (1)

sedekah (2)

sedekah (3)

sedekah (4)

sedekah (5)

 

Sudah dibaca…..Bagaimana menurut rekan-rekan…? Intinya bahwa jika ingin sedekah tidak perlu menunggu iklas atau tidak yang terpenting Action dan manfaat yang diterima oleh penerima sedekah…lakukan saja….lama-lama rasa iklas itu akan muncul sendiri jikalau kita sudah terbiasa bersedekah….ya…ternyata untuk bersedekah dan ikhlas butuh latihan juga….semoga bermanfaat dan selamat menunaikan ibadah puasa…..

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.